'http://twitter.com/novitriarianty, My name is Novi Tri Arianty. I was born on 07 November 93. I ♥ Purple, pink and green. I ♥ Psikologi and Biopsikologi. Novi Tri Arianty: Rencana Kenaikan Harga BBM

Kamis, 01 Maret 2012

Rencana Kenaikan Harga BBM




     "Untuk kenaikan tarif, tergantung karakter daerah masing-masing. Kita minta usulan dari mereka," sambung Mangindaan. Organda juga telah melakukan pembahasa internal terkait rencana tersebut. Khusus untuk moda angkutan laut dan kereta api yang merupakan BUMN, akan dipakai mekanisme PSO (Public Service Obligation). "Sedangkan yang di bawah (daerah), kita minta usulan dr mereka. Karena angkutan kota desa dalam propinsi, menurut UU LLAJR di otonomi daerah," tegasnya.





          "Apakah Rp 1.000 atau Rp 2.000 naiknya. Akan kenaikan jumlah penduduk miskin antara 1-1,5%. Namun ini bisa ditanggulangi dengan program kompensasi," jelas Agung pada acara Bank Dunia di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis (1/3/2012).

          Menurut data terakhir Badan Pusat Statistik (BPS), sebanyak 29,89 juta penduduk Indonesia (12,36%) masih miskin hingga September 2011. Angka itu memang turun 130 ribu orang (0,13%) dibandingkan Maret 2011 yang sebesar 30,02 juta orang (12,49%).

         Dikatakan Agung, untuk menahan laju penambahan orang miskin itu, pemerintah akan memberikan kompensasi berupa bantuan langsung tunai (BLT). Saat ini program tersebut masih harus dibahas dengan DPR sehigga pada 1 April 2012 saat harga BBM naik, program BLT bisa langsung jalan bersamaan.

         Selain BLT, Agung mengatakan pemerintah juga akan memberikan program beras miskin (raskin) dan beasiswa dalam rangka mencegah kenaikan jumlah penduduk miskin tersebut. Seperti diketahui, kemarin Menteri ESDM Jero Wacik secara resmi ke Komisi VII DPR, Menteri ESDM Jero Wacik mengajukan kenaikan harga BBM subsidi. Pemerintah minta harga bensin premium dan solar naik Rp 1.500/liter. Namun ini belum disetujui Komisi VII DPR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar